Epic
Sepeda cross country ini memiliki keunikan
dalam hal posisi shocknya yang tidak lazim, segaris dengan seat stay kiri.
Namun keunikan tersebut tidak akan Anda jumpai lagi. Pasalnya untuk tahun 2009,
Specialized mengembalikan shock Epic ke posisi "normal", yakni pada daerah
segitiga depan.
Epic 2009 yang dipakai oleh Christopher
Sauser - juara dunia XC - ini dilengkapi shock yang lebih ramping. Shock
bertravel 100mm ini akan menjejali frame yang terbuat karbon. Material yang
sama juga bisa dijumpai untuk bagian seat stay dan chainstay asimetrisnya.
Sementara penggunaan bahan alumunium hanya untuk upper link. Dengan begitu, jangan heran kalau bobot frame (medium)
berikut shock hanya 2,04 kilogram.
Untuk peredam di bagian depan, Epic
dipersenjatai fork FutureShock E100 yang juga bertravel 100mm. Steerer tube
fork ini muat masuk ke headtube frame yang dibuat tapered (1 1/8 inci atas, 1 ½ inci bawah).
SX Trail
Perbedaan yang paling mencolok untuk seri
ini dibanding model tahun lalunya terletak pada lebih banyaknya lekukan frame. Perbedaan
juga nampak pada seat tube yang kini menggunakan model uninterrupted alias terus sampai ke BB.
SX Trail terbaru masih menggunakan alumunium
sebagai material pembuatnya. Pada gambar nampak SX Trail dengan travel depan-belakang
170mm (Fox koil), namun ke depannya Specialized juga akan merilis versi dengan
shock Fox air bertravel 100mm-nya
yang diperuntukkan bagi jenis permainan slalom dan fourcross.
Layaknya sepeda Specialized lainnya, SX
Trail juga mengaplikasikan head tube model tapered
dan mounting FD DMD (Direct Mount Derailleur).
Big Hit
Buat yang menginginkan sepeda freeride
Specialized dengan harga terjangkau, bisa memilih Big Hit. Untuk tahun depan,
Big Hit mengalami penyusutan jumlah travelnya, dari semula 8,2 inci menjadi 7,5
inci. Sepeda juga mengaplikasikan teknologi tapered
dan DMD.
Selain tiga versi untuk pesepeda dewasa, Big
Hit juga tersedia dalam pilihan ban 24 inci bagi si junior.
FSR XC
Dari inisial di namanya, tahu dong
ini sepeda untuk permainan apa. Frame FSR XC masih terbuat dari alumunium,
hanya saja kini travelnya didongkrak menjadi 120mm - sebelumnya 100mm. Untuk
tahun depan, Specialized telah mendesain ulang link sepeda ini. Tujuannya untuk
mendapatkan standover clearance (keleluasaan
selangkangan pesepeda terhadap top tube saat berdiri) yang lebih baik, range pengaturan seatpost yang lebih
luas, serta center of gravity yang
lebih rendah guna meningkatkan handling
sepeda.
FSR XC versi Pro akan dilempar ke
pasaran seharga US$ 2.100. Harga tersebut sudah berikut komponen perpaduan
antara Shimano XT dan SLX.
Myka
Seri untuk wanita ini tetap setia
dengan travel 100mm-nya. Perubahan hanya terjadi dalam hal penggunaan tubing yang kini dibuat lebih kecil dan
ringan.
Stumpjumper Hardtail
Sepeda berbobot kurang dari 9
kilogram ini (tanpa pedal) juga menggunakan head tube tapered. Dan seperti kebanyakan sepeda 2009, Stumpjumper terbaru
akan mendapat sentuhan karbon, tidak hanya untuk framenya, tetapi juga mencakup
ke crankset dan dropout. Untuk forknya menggunakan FutureShock S90 bertravel
90mm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar