Selasa, 18 Januari 2011

Specialized 2009


Print E-mail

Epic
epic_1.jpgSepeda cross country ini memiliki keunikan dalam hal posisi shocknya yang tidak lazim, segaris dengan seat stay kiri. Namun keunikan tersebut tidak akan Anda jumpai lagi. Pasalnya untuk tahun 2009, Specialized mengembalikan shock Epic ke posisi "normal", yakni pada daerah segitiga depan.
Epic 2009 yang dipakai oleh Christopher Sauser - juara dunia XC - ini dilengkapi shock yang lebih ramping. Shock bertravel 100mm ini akan menjejali frame yang terbuat karbon. Material yang sama juga bisa dijumpai untuk bagian seat stay dan chainstay asimetrisnya. Sementara penggunaan bahan alumunium hanya untuk upper link. Dengan begitu, jangan heran kalau bobot frame (medium) berikut shock hanya 2,04 kilogram.
Untuk peredam di bagian depan, Epic dipersenjatai fork FutureShock E100 yang juga bertravel 100mm. Steerer tube fork ini muat masuk ke headtube frame yang dibuat tapered (1 1/8 inci atas, 1 ½ inci bawah).
SX Trail
sx_trail_1.jpgPerbedaan yang paling mencolok untuk seri ini dibanding model tahun lalunya terletak pada lebih banyaknya lekukan frame. Perbedaan juga nampak pada seat tube yang kini menggunakan model uninterrupted alias terus sampai ke BB.
SX Trail terbaru masih menggunakan alumunium sebagai material pembuatnya. Pada gambar nampak SX Trail dengan travel depan-belakang 170mm (Fox koil), namun ke depannya Specialized juga akan merilis versi dengan shock Fox air bertravel 100mm-nya yang diperuntukkan bagi jenis permainan slalom dan fourcross.
Layaknya sepeda Specialized lainnya, SX Trail juga mengaplikasikan head tube model tapered dan mounting FD DMD (Direct Mount Derailleur).
Big Hit
            big_hit.jpgBuat yang menginginkan sepeda freeride Specialized dengan harga terjangkau, bisa memilih Big Hit. Untuk tahun depan, Big Hit mengalami penyusutan jumlah travelnya, dari semula 8,2 inci menjadi 7,5 inci. Sepeda juga mengaplikasikan teknologi tapered dan DMD.
Selain tiga versi untuk pesepeda dewasa, Big Hit juga tersedia dalam pilihan ban 24 inci bagi si junior.
 
FSR XC
            fsr_xc.jpgDari inisial di namanya, tahu dong ini sepeda untuk permainan apa. Frame FSR XC masih terbuat dari alumunium, hanya saja kini travelnya didongkrak menjadi 120mm - sebelumnya 100mm. Untuk tahun depan, Specialized telah mendesain ulang link sepeda ini. Tujuannya untuk mendapatkan standover clearance (keleluasaan selangkangan pesepeda terhadap top tube saat berdiri) yang lebih baik, range pengaturan seatpost yang lebih luas, serta center of gravity yang lebih rendah guna meningkatkan handling sepeda.
            FSR XC versi Pro akan dilempar ke pasaran seharga US$ 2.100. Harga tersebut sudah berikut komponen perpaduan antara Shimano XT dan SLX.
Myka
            myka.jpgSeri untuk wanita ini tetap setia dengan travel 100mm-nya. Perubahan hanya terjadi dalam hal penggunaan tubing yang kini dibuat lebih kecil dan ringan.  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Stumpjumper Hardtail
            stumpjumper_1.jpgSepeda berbobot kurang dari 9 kilogram ini (tanpa pedal) juga menggunakan head tube tapered. Dan seperti kebanyakan sepeda 2009, Stumpjumper terbaru akan mendapat sentuhan karbon, tidak hanya untuk framenya, tetapi juga mencakup ke crankset dan dropout. Untuk forknya menggunakan FutureShock S90 bertravel 90mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar